Membersihkan kandang anakan ayam bangkok

Halo semua... kali ini saya akan membahas tentang membersihkan kandang ayam bangkok untuk mencegah penyakit. Musim dingin membuat kekebalan ayam terhadap penyakit menjadi berkurang. Apalagi jika pola makan tidak teratur dan ditambah dengan nafsu makan yang berkurang. Diluar hal itu faktor kebersihan kandang menurut saya merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan ayam dari segi lingkungan atau luar tubuh.

Namun terkadang untuk membersihkan kandang itu memang cukup merepotkan kita. Nah hal inilah yang biasanya membuat kita merasa enggan atau malas untuk melakukannya. Lalu bagaimana cara menyiasati agar kita tidak terlalu repot dalam membersihkan kandang. Saya pikir setiap orang memiliki cara masing-masing yang terbaik dan kadang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Kalau menurut saya design kandang bisa membuat kita lebih mudah dalam melakukan pekerjaan ini sehingga terasa lebih nyaman dan ringan atau paling tidak menjadikan pekerjaan lebih efisien. Dibawah ini saya sharing foto ketika saya sedang membersihkan kandang untuk calon anakan ayam bangkok yang sedang menetas. Monggo dilihat. 

alat kandang ayam direndang di air

asang direndam dulu disungai agar mudah dibersihkan


menyikat box ayam
Kandang disikat sambil direndam disungai 



menyikat box ayam semua bagian
 Sikat semua bagian kandang sampai bersih


alas box ayam juga disikat
Sikat asang sampai bersih dialiri air sungai 



rendam semua bagian box ayam
 Bok saya rendam disungai 


balikan ke posisi semula kandang ayam yang sudah dibersiahkan

Rendam bagian bawah lebih lama 


pasang alas box ayam
Kandang sudah bersih dan siap dikeringkan


jamur box ayam yang sudah dibersihkan
 Keringkan kandang, cukup dijemur saja


box ayam tampak bersih kembali dan siap digunakan
 Bok / kandan anakan ayam yang bersih dan siap digunakan


box ayam sudah digunakan kembali untuk anakan ayam baru menetas
Sorenya sudah saya gunakan untuk tetasan ayam yang baru


Ukuran kandang anakan ayam / bok ini adalah panjang 80 cm x lebar 50 cm x tinggi 50 cm, saya buat seperti kandang burung tapi berbentuk balok atau persegi panjang. Pintu berada di bagian atas untuk memudahkan memberi pakan dan minum. Dibawahnya ada asang yang terbuat dari plastik bergelombang  ( menurut saya lebih awet ) untuk menampung kotoran ayam yang jatuh, dengan ini kotoran ayam selalu bisa dikumpulkan untuk dijadikan pupuk. 

Kebetulan kandang ini juga saya sendiri yang buat baik dari design maupun pembuatannya. Karena saya cari dipasar-pasar tidak ada seperti yang saya inginkan. Kandang ini ringan sekali, sahingga mudah untuk dipindahkan terutama setiap pagi ketika menjemur anakan ayam. Demikian sedikit cerita terkait dengan membersihkan kandang anakan ayam bangkok untuk mencegah penyakit, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih, Salam Sukses.....

Artikel Terkait Membersihkan kandang anakan ayam bangkok :

2 komentar