Cara mencegah penyakit ayam bangkok

Bookmark and Share
Oke all prend.... kali ini akan membahas tentang bagaimana melakukan pencegahan penyakit yang sering menghantui para peternak ayam bangkok dan ayam kampung. Bagi para senior breeder hal ini sudah menjadi hal pokok karena kesehatan akan sangat mempengaruhi kualitas dan penampilan ayam. Ayam dengan kualitas Bagus tetap akan kelihatan kurang menarik ketika sakit-sakitan.

Beberapa jenis penyakit pada ayam bahkan akan berdampak sangat fatal karena pengalaman di beberapa teman ayam satu kandang bisa habis dalam kurun waktu 2-3 hari saja.. Betapa memilukan ketika ayam bangkok berkualitas kesayangan ternyata ikut terseret didalamnya.

Sebagai peternak kita hanya hanya bisa melakukan pencegahan agar penyakit tidak menghampiri ternak kita, dan harus melakukan pengobatan pada ayam yang sudah mulai terkena wabah. Dalam melakukan pencegahan terhadap penyakit ini kemungkinan tindakan yang dilakukan oleh peternak satu dengan yang lainnya akan berbeda walaupun pada akhirnya memiliki tujuan yang sama agar wabah penyakit tidak menyerang peternakan ayam bangkok yang sedang digeluti. Nah pada bagian ini saya akan sharing apa yang biasa saya lakukan setiap hari dikandang saya.

Seringkali saya mendengar istilah "Kebersihan pangkal Kesehatan", peribahasa ini saya resapi dan terapkan untuk ternak ayam bangkok saya. Untuk mencegah penyakit pada ayam saya selalu mengontrol kebersihan / sanitasi pada kandang ayam saya. Setiap pagi hari atau kadang sore hari saya menyapu kandang dan halaman untuk umbaran sekalian juga halaman rumah saya agar ikut bersih (malu sama ayam). Nah kumpulan sampah ini pada petang hari (setelah magrib) saya kumpulkan tepat ditengah-tengah halaman umbaran yang dikelilingi kandang ayam lalu saya bakar disana. Tujuannya selain untuk membersihkan sampah juga untuk memberikan suhu hangat di sekitar kandang selama malam hari, dengan maksud agar ayam tidak kedinginan. Selain itu kepulan asam yang timbul juga terbukti mampu mengurangi serangan nyamuk dimalam hari. Anda bisa menyimak pada gambar dibawah ini.

bagaimana mencegah penyakit ayam bangkok

mencegah penyakit ayam bangkok

Nah sekian dulu ya, ini adalah salah satu pencegahan yang saya lakukan dari segi lingkungan. Masih banyak yang harus dilakukan seperti melakukan vaksinasi pada ayam, pemberian pakan yang teratur dan ada juga jamu yang biasa diberikan pada ayam terutama untuk musim dingin, rencana akan saya publish pada posting berikutnya. Hal ini sekedar sharing, saya berharap masukan dari teman-teman sekalian melalui komentar dibawah, dengan tujuan saling bertukar pengalaman demi kemajuan ilmu ternak kita. Semoga ocehan saya tentang Cara mencegah penyakit ayam bangkok ini bisa memberi manfaat bagi pembaca. Salam sukses..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar